5+ Aplikasi Trading Exchange Bitcoin dan Altcoin Terbaik 2021 Berizin Resmi

9 Aplikasi Trading Exchange Bitcoin dan Altcoin Berizin Resmi Terbaik

Berikut aplikasi exchange bitcoin dan aset crypto lainnya yang sudah mendapat izin resmi

Di internet terdapat begitu banyak aplikasi trading dan exchange bitcoin dan altcon atau aset kripto yang katanya berizin resmi. Namun, benarkah demikian?

Investasi di bidang aset kriptografi seperti Bitcoin adalah langkah alternatif dalam pencarian keuntungan. Karena mata uang digital memiliki dorong dengan menyentuh harga tertinggi sejak awal 2021.

Beberapa diantara cara yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari bitcoin dan asset kripto lainnya diantaranya dengan cara mendapatkan bitcoin gratis lewat mining dan faucet gratis, serta melakukan trading (jual-beli dan exchange bitcoin dan altcoin).

Namun, apakah Kamu tahu aplikasi Crypto Asset Exchange mana yang aman digunakan? Perlu dicatat bahwa semua exchange atau aplikasi trading crypto dan aset digital semua memiliki izin dari pemerintah Indonesia.

Meskipun di Indonesia, belum diizinkan menangani aset kriptografi seperti bitcoin untuk pembayaran.

Tetapi setidaknya Kamu akan merasa lebih aman ketika Kamu harus bertransaksi aset kriptografi ke dalam permintaan yang menerima izin.

Oleh sebab itu, kali ini Teknis.id akan memberikan informasi beberapa aplikasi dan platform trading serta exchange bitcoin dan aset kripto terbaik, yang sudah memiliki izin dari Badan Pengawas Perdangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

5+ Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik Indonesia Berizin Resmi Bappebti

1. Indodax

Indodax - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik
Gambar: Screenshot Indodax, via Indodax.com

Indodax atau Indodax.com adalah platform pasar aset Crypto pertama di Indonesia.

Saat ini, Indodax sudah memiliki 1,9 juta anggota verifikasi dan diklaim sebagai yang paling sekarang.

Ada dua fitur penting di Indodax, yaitu analisis grafis (analisis harga teknis) dan hilangnya istirahat (untuk mengurangi kerugian untuk mengelola risiko fluktuasi).

Untuk menggunakan aplikasi ini, Kamu harus mendaftar dengan memasukkan berbagai data pribadi seperti nama, email, nama pengguna, kata sandi, dan nomor ponsel.

Setelah itu, Kamu dapat memeriksa data dengan mengambil gambar KTP dan SAMBL SAMBL memegang KTP.

Untuk menanam Lantai Indodax, diperlukan setoran minimum sebesar Rp. 500.000 dengan opsi pembayaran melalui transfer bank, portofolio digital, setoran tunai, atau melalui detail Alfamart.

Indodax milik PT. Indodax Nasional Indonesia yang telah secara resmi didaftarkan pada Badan Pengawas Perdangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman NOMOR 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202.

Semua warga negara dapat menjadi anggota Indodax. Kecuali warga Amerika Serikat, Myanmar, Côte d’Gading, Kuba, Iran, Republik Arab Suriah, Belarus, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Irak, Liberia, Sudan, Zimbabwe dan Korea (Utara).

Usia setidaknya berusia 18 tahun untuk warga negara dan 19 tahun bagi orang asing atau menikah. Di bawah ini, tidak diperbolehkan membuka akun di Indodax.

2. Rekeningku

Rekeningku - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik
Gambar: Screenshot Rekeningku, via Rekeningku.com

Selanjutnya yaitu Rekeningku (rekeningku.com) yang dapat digunakan sebagai aplikasi trading dan exchange aset kripto Bitcoin lainnya.

Rekeningku tersedia di dalam dua platform yaitu mobile apps dan web site web.

Di aplikasi ini, kamu mampu mengkamulkan fitur-fitur seperti yang dimiliki oleh aplikasi Indodax.

Namun di Rekeningku tersedia satu fitur lainnya yang mampu dimanfaatkan yaitu Short-Selling.

Fitur selanjutnya mampu digunakan untuk lakukan transaksi tanpa perlu memiliki saham.

Dan untuk mampu join dengan aplikasi Rekeningku, kamu perlu memasukkan beberapa kartu identitas seperti KTP, SIM, hingga Paspor.

Aplikasi juga akan memintamu untuk mengambil alih foto dengan pose memegang kertas bertuliskan “Verifikasi di Rekeningku.com” yang juga disertai dengan tkamu tangan.

Sedangkan untuk minimum depositnya, Rekeningku mengizinkan penggunanya memasukkan dana merasa berasal dari Rp 50.000.

Nominal selanjutnya juga mampu dibayarkan melalui beberapa langkah seperti transfer bank, virtual account, dan dompet digital.

Namun terkecuali kamu menentukan gunakan virtual akun dan dompet digital, Rekeningku akan berharap ongkos tambahan sebesar 1 persen terhadap transaksi minimal Rp 25.000.

Rekeningku dimiliki PT Rekeningku Dotcom Indonesia yang yang telah formal terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto cocok Pengumuman 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020.

Untuk Biaya Fee Layanan Transaksi di Rekeningku ialah: Penjualan/Pembelian aset digital Rupiah: 0,1% (taker), Penarikan: 0,75%* berasal dari kuantitas penarikan, dengan ongkos minimal Rp 15.000,-. Serta Biaya deposit: transfer bank gratis, virtual akun Rp 1,000 flat dan 1,65% berasal dari kuantitas deposit.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pembuat Logo Gaming eSport di Android dan iOS Terbaik

3. TokoCrypto

TokoCrypto - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik
Gambar: Screenshot TokoCrypto, via TokoCrypto.com

Aplikasi dan website TokoCrypto (tokocrypto.com) juga merupakan trading dan exchange aset kripto terbaik yang telah berdiri sejak tahun 2007.

Bagi kamu yang mendambakan memanfaatkan TokoCrypto, tersedia dua pilihan platform yakni web web dan mobile apps yang dapat diunduh di Google Play Store (Android).

Berbicara soal kemampuannya, TokoCrypto punya seluruh fitur yang tersedia di aplikasi saran sebelumnya.

Ditambah tersedia fitur One Cancels the Other (OCO) yang dapat dipakai oleh para pengguna.

OCO sendiri merupakan fitur yang memasang dua pesanan pada pas yang sama, pesanan limit dan stop-limit, yang berfungsi untuk mencari keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian.

Sedangkan untuk langkah jadi member TokoCrypto, kamu diharuskan untuk mengunggah sejumlah knowledge pribadi, serta menyetujui Ketentuan Perjanjian dan Kebijakan Privasi di aplikasi.

TokoCrypto juga mengharuskan usernya mematenkan datanya bersama dengan verifikasi KYC.

Cara verifikasi KYC pada lain mengunggah Foto ID, isi knowledge pribadi, dan menyita foto selfie bersama dengan gerakan normal hingga gerakan acak.

Jika telah terdaftar, maka pengguna baru TokoCrypto diharuskan untuk melakukan setoran bersama dengan jumlah minimum Rp 50.000.

Pembayarannya juga dapat dilakukan bersama dengan dua metode yakni transfer bank atau OVO, bersama dengan gratis ongkos deposit.

Tokocrypto adalah milik PT. Crypto Indonesia Berkat yang yang telah resmi terdaftar di di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto cocok Pengumuman 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

Syarat membuka account di Tokocrypto adalah isi Nama, Email, Address, dan menyetujui Ketentuan Perjanjian dan Kebijakan Privasi.

Setelah mengakses akun, user kudu melanjutkan bersama dengan verifikasi KYC. Tanpa verifikasi tidak dapat transaksi walau telah membuka akun.

Proses verifikasi KYC terdiri atas unggah foto ID, isi knowledge pribadi, menyita selfie foto bersama dengan gerakan normal dan bersama dengan gerakan acak. Data KYC akan diproses yang setidaknya membutuhkan pas 1 hari kerja.

Tidak jarang verifikasi gagal. Beberapa hal yang kudu diperhatikan pas verifikasi di adalah pastikan belum punya account di Tokocrypto, menambahkan knowledge privat yang benar dan akurat, serta menambahkan foto yang cocok bersama dengan KTP.

KTP kudu asli dan kudu mengetahui pada pas di upload. Saat menyita gambar pastikan wajah terlihat mengetahui tanpa memanfaatkan topi dan juga kaca mata.

Saat selfie pastikan wajah berada di tengah agar fotonya cocok bersama dengan wajah dan pada foto liveness, user akan diminta untuk melakukan tidak benar satu gerakan. Ketika menyita foto pastikan tahan gerakan sepanjang 3 detik, kalau gagal silakan mengulangi ulang hingga maksimal 3 kali, kalau telah berhasil silakan pilih tombol selesai, dan menunggu konfirmasi di email.

4. Bitcoin.co.id

Bitcoin.co.id - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik
Gambar: Screenshot Bitcoin.co.id, via Bitcoin.co.id

Bitcoin.co.id merupakan platform trading dan exchange aset kripto berupa bitcoin dan altcoin sebelum berganti nama menjadi Indodax.

Bitcoin.co.id sebelumnya adalah pelopor di industri aset kripto Indonesia pada 2013 lalu didalam wujud web yang mengupas seputar cryptocurrency.

Alamat web bitcoin.co.id diaktifkan kembali untuk menghadirkan web atau platform investasi cryptocurrency yang lebih cepat dan enteng digunakan untuk bertransaksi dan platform Indodax sendiri bakal berfokus kepada platform trading aset kripto.

Ada perbedaan yang dihadirkan di Bitcoin.co.id dengan indodax.com. Di Bitcoin.co.id, member dibantu untuk melaksanakan transaksi lebih instan dan enteng didalam melaksanakan investasi bitcoin.

Adapun Aset kripto / Cryptocurrency apa saja yang tersedia di Bitcoin.co.id meliputi Semua aset kripto pada market pair IDR di Indodax tersedia di Bitcoin.co.id.

Mulai berasal dari Bitcoin, USDT, Ethereum, Ripple, Litecoin, Bitcoin Cash, dan lain sebagainya.

Keunggulan bertransaksi di Bitcoin.co.id diantaranya Jual Beli aset kripto secara instan, Deposit dan tarik tunai melalui seluruh bank di Indonesia, dan Kirim dan terima aset kripto berasal dari seluruh dunia.

5. Pintu

Pintu - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik
Gambar: Screenshot Pintu, via pintu.co.id

Pintu (pintu.co.id) adalah exchange untuk membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim mata duwit crypto berbasis aplikasi di smartphone. Meski terbilang baru, fitur Pintu yang fokus di mobile apps, membuatnya jadi terlampau enteng dipakai, jadi ciri pembeda aplikasi Pintu berasal dari para kompetitornya.

Pintu dimiliki PT Pintu Kemana Saja yang telah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020.

Persyaratan memanfaatkan Pintu adalah silahkan unduh aplikasi Pintu di apps store dan melaksanakan pendaftaran akun. Lakukan verifikasi KYC agar mampu transaksi menjual beli kripto.

Untuk melaksanakan verifikasi account atau KYC di Pintu masukkan nomor handphone, kartu identitas (KTP, Paspor, atau SIM), dan alamat tinggal sesuai yang tercantum di kartu identitas. Proses verifikasi account atau KYC di Pintu cepat dan cuma butuh selagi lebih dari satu menit bila dilakukan pada selagi jam kerja (setiap hari, 08.00 – 23:59).

Minimum Deposit untuk trading / exchange bitcoin dan altcoin di Pintu adalah dengan Setoran minimum di Pintu Rp 50,000.

Pintu terima deposit dengan cara transfer bank ke Virtual Account (VA) BNI, Bank Mandiri atau BRI yang di sediakan untuk tiap-tiap user. Transfer ke rekening VA selanjutnya mampu dilakukan berasal dari seluruh bank di Indonesia, e-wallet (kecuali LinkAja) atau PPOB (Indomaret dll).

Pintu menerapkan autentikasi Multi-faktor dengan gabungan verifikasi via email dan SMS berasal dari Google Authenticator. Cara ini menanggung tiap-tiap transaksi ditkamutangani dan juga divalidasi oleh pengguna account sendiri.

Aset Kripto di Pintu tidak cuma bitcoin saja, begitupun Fitur Trading terhitung memadai mumpuni. Pintu sedia kan 10 koin/token aset kripto yang mampu diperdagangkan. Tidak sedia kan fitur trading, seperti analisa chart, stop loss dan short-selling.

Adapun Biaya Fee Layanan Transaksi di Pintu mampu dijabarkan sebagai berikut: Penjualan/Pembelian aset digital dengan Rupiah: 0, Penarikan: Rp 4,500 flat, dan Biaya deposit 0.

6. Luno

Luno - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik Berizin Resmi
Gambar: Screenshot Luno, via Luno.com

Luno (https://www.luno.com/id/id) adalah exchange jual, beli, simpan dan transfer aset kripto asal Inggris dan masuk Indonesia sejak 2014. Tersedia versi aplikasi mobile yang bisa diunduh di PlayStore.

Luno dimiliki PT Luno Indonesia Ltd yang sudah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto cocok Pengumuman 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 31 Maret 2020.

Persyaratan memanfaatkan Luno adalah sebagai berikut:

Level 1. Konfirmasi nomor ponsel dan information khusus umum Kamu. Level 2. Kirimkan foto/scan dari kartu identitas resmi Kamu (dokumen yang kami terima) dan sebuah foto selfie (diambil kurang dari 24 jam sebelum pengiriman). Level 3. Masukkan alamat tinggal dan menentukan status pekerjaan, jenis pekerjaan serta sumber dana Kamu

Minimum Deposit untuk topup ke Luno adalah sebagai berikut: Setoran minimum di Pintu Rp 50,000. Luno menerima deposit dengan langkah transfer rekening bank atau Virtual Account (VA) BNI.

Luno menerapkan 2FA ( Two Factor Authentication ) yang merupakan fitur keamanan online, dimana user akan melaksanakan verifikasi identitas sebanyak 2 kali. Luno menyediakan lebih dari 5 koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan.

Fitur Luno untuk trading, adalah: Analisa chart untuk menganalisa harga secara teknikal, terdiri atas orderbook, peristiwa transaksi (order dan trade), Stop Loss. Fitur cut-loss yang penting untuk mengelola resiko dari fluktuasi harga yang benar-benar tajam, Luno tidak sedia kan fitur short-selling, sehingga trader tidak bisa melaksanakan short-sell ketika pasar tengah turun.

Adapun rincian Biaya Fee Layanan Transaksi di Luno adalah: Penjualan/Pembelian aset digital dengan Rupiah: 0.08% – 0,1% (tergantung kuantitas (transaksi), Penarikan: Rp 6,500 flat, dan Biaya deposit Rp 4,000 flat.

7. UPbit Indonesia

UpBit Indonesia - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik Berizin Resmi
Gambar: Screenshot UpBit Indonesia, via id.upbit.com

UpBit Indonesia (https://id.upbit.com) merupakan web site trading dan exchange bitcoin dan altcoin (alternative coin) asal Korea Selatan yang masuk ke pasar Indonesia.

UpBit adalah exchange terbesar di Korea dan di awal th. 2019 ini terasa meramaikan pasar kripto Indonesia.

UpBit juga mempunyai aplikasi mobile yang memadai responsif bagi pengguna yang lebih menyukai trading bersama dengan handphone. Pengguna udah sanggup memanfaatkan UpBit bersama dengan deposit Rupiah.

Sejak November 2018, Upbit Indonesia telah menyediakan perdagangan lebih berasal dari 180 aset kripto yang nyaman dan aman, dan termasuk tawarkan transaksi rupiah secara instan melalui integrasi akun virtual (virtual accounts) terhadap bank umum di Indonesia yang mempunyai reputasi baik.

Setelah diluncurkan di Korea Selatan terhadap 2017, Upbit telah jadi salah satu bursa perdagangan aset kripto terbesar di dunia. Upbit tersedia di situs dan aplikasi telpon seluler (iOS dan Android).

Upbit, salah satu bursa perdagangan aset kripto di dunia, menginformasikan bahwa Upbit Indonesia telah memperoleh sertifikat pendaftaran berasal dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai Pedagang Fisik Aset Kripto yang potensial.

8. ZipMex

ZipMex - Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin dan Altcoin Terbaik Berizin Resmi
Gambar: Screenshot ZipMex, via zimpex.com

ZipMex (https://zipmex.com/id) merupakan bursa yang menyediakan fasilits jual beli Bitcoin atau aset crypto lainnya di Indonesia. Bursa ini pun sudah terdaftar di Bappebti sehingga berstatus legal untuk menjalankan operasionalnya di dalam negeri.

ZMT, merupakan Aset Kripto Besutan Zipmex Exchange yang Naik Daun saat ini. ZipMex cukup mudah digunakan bagi kamu yang masih pemula.

Pada Desember 2020, basis pengguna Zipmex sebanyak 51.000 orang dan lebih dari $10 juta aset yang disimpan. Berdasarkan data dari akhir tahun 2019 dengan kuartal I 2021 jumlah pengguna kita sudah meningkat lebih dari 1.000 persen. Peningkatan active user kita sendiri tiap bulannya meningkat hampir dua kali lipat di kuartal I 2021.

Zipmex Indonesia di bawah naungan PT Zipmex Exchange Indonesia yang terafiliasi dengan Zipmex Thailand dan Australia, yang telah beroperasi sejak 2018 lalu. Zipmex menjadi perusahaan aset kripto berjenis spot market (fisik) di Indonesia keenam yang terdaftar di Bappebti.

Sebelumnya sudah ada Tokocrypto, Indodax, Triv, Pintu dan Upbit Indonesia. Sejak diluncurkan di Indonesia akhir tahun lalu, Zipmex Indonesia telah mengelola transaksi Bitocin lebih dari USD 35 juta.

9. Pluang

Pluang aplikasi trading investasi aset cryptocurrency
Gambar: Screenshot Pluang, via pluang.com

Pluang (https://pluang.com) adalah aplikasi financial technology di bawah PT PG Berjangka yang memiliki misi membuat produk keuangan yang sederhana dan terjangkau lebih banyak tersedia bagi masyarakat.

Sesuai misinya, Plugg memiliki berbagai alat investasi dengan harga yang terjangkau. Semuanya mulai dari pendaftaran, pemilihan investasi hingga pembayaran dana investasi dilakukan secara online. Di Pluang, Anda dapat berinvestasi dalam emas, cryptocurrency, reksa dana, dan saham AS (indeks berjangka S&P 500).

Cryptocurrency yang saat ini tersedia di Pluang adalah Bitcoin dan Ethereum. Jumlah pembelian minimum untuk Bitcoin adalah Rp 300.000 dan untuk Ethereum adalah Rp 150.000.

Kelebihan & kekurangan Pluang dapat dilihat sebagai berikut:

Kelebihan :

  • Semuanya dilakukan secara online. Dari membuka rekening, membeli produk investasi hingga membayar keuntungan investasi Penyebaran emas sangat rendah, hanya 3%, dan akan naik menjadi 1,75% pada akhir tahun.
  • Beragam produk investasi.
  • Platform pertama di Indonesia yang menyediakan indeks S&P 500. Kuantitas minimum order cukup terjangkau.
  • Kegiatan promosi skala besar tersebar di banyak e-commerce dan e-wallet. Layanan pelanggan responsif.

Kekurangan :

  • Versi iOS-nya agak lambat, jadi kamu harus bersabar.
  • Ada ketidakseimbangan dalam fungsionalitas antara versi iOS dan Android.
  • Ada juga beberapa metode top-up, bahkan jika seorang jenius membayar, itu tidak dapat digunakan di versi iOS.
  • Penarikan minimal Rp 200.000
  • Layanan pelanggan bukanlah layanan 24 jam. Customer service hanya merespon selama jam kerja (Senin s / d Jumat, 09: 00-18: 00 WIB)
  • Harga dolar di Pluang cukup mahal. Karena dibandingkan dengan jenius, selisih per dollar bisa jadi Rp. 200.

Perlu diketahui bahwa Pluang adalah aplikasi investasi emas dan mikro E-Mini S&P 500 yang bekerjasama dengan PT PG Berjangka. PT PG Berjangka adalah pialang yang terdaftar dan diawasi langsung oleh Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Kliring perdagangan ditangani oleh PT Jaminan Kliring Berjangka Indonesia. (KBI).

Sedangkan untuk kegiatan investasi aset kripto, Plug merupakan saluran penjualan PT Zipmex Exchange Indonesia yang juga diawasi langsung oleh Bappebti.

Konklusi

Bila ditotal, sebetulnya sudah ada 13 perusahaan aset kripto yang sudah mengantongi izin Bappebti hingga Januari 2021, yaitu sebagai berikut:

  1. PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto),
  2. PT Upbit Exchange Indonesia,
  3. PT Tiga Inti Utama,
  4. PT Indodax Nasional Indonesia,
  5. PT Pintu Kemana Saja,
  6. PT Zipmex Exchange Indonesia,
  7. PT Bursa Kripto Prima,
  8. PT Luna Indonesia Ltd,
  9. PT Rekeningku Dotcom Indonesia,
  10. PT Indonesia Digital Exchange,
  11. PT Cipta Koin Digital,
  12. PT Triniti Investama Berkat (Bitocto)
  13. PT Plutonext Digital Aset.

Sekarang tinggal memilih, mana platfor trading dan exchange cryptocurrency yang memberikan fasilitas dan fitur yang benar-benar mantap, serta nyaman buat kamu.

Demikian informasi seputar platform aplikasi exchange aset kripto bitcoin dan altcoin terbaik di Indonesia yang sudah berizin resmi dari Bappebti. Tetap cerdas dalam mengatur keuangan, jangan kesusu dan sehat selalu.

Apa artikel ini membantu? Beri Rating!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada rating! Jadi yang pertama memberi rating.